DESKRIBSI

Jual Karung Beras, Karung Laminasi, Jual Karung Beras, Jual Karung Laminasi, harga Karung Beras, Harga Karung Laminasi, Ukuran Karung Beras, Ukuran Karung Laminasi, Karung Putih Polos, Karung Transparan, Karung Daur Ulang, Karung Warna Cream, Karung Warna Kuning, Karung Gabah, Pabrik Karung Beras | Hub. 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 0812.3258.4950 | Phone/Fax: 031-8830487 | Email: limcorporation2009@gmail.com

Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Padi Ciherang

Seperti kita ketahui bersama bahwa Tanaman Padi adalah sebagai sumber penghasil beras sebagai makanan pokok orang Indonesia,oleh karena itu intensifikasi mulai dari pemilihan benih unggul dan bermutu,pemeliharaan optimal serta pengelolaan baik panen-pasca panen,menjadi kunci keberhasilan dalam bercocok tanaman tanaman padi,sehingga swasempada pangan di seluruh provinsi di Indonesia dapat terwujud. Di indonesai terdapat banyak varietas atau jenis bibit tanaman padi salah satunya yang sangat popular dikalangan petani adalah padi ciherang.

Tanaman Padi Ciherang adalah jenis padi hasil Persilangan dari jenis varietas unggul padi lokal untuk menghasilkan varietas padi unggulan, padi ini untuk menjawab keraguan petani akan mahalnya padi hibrida. Keunggulan jenis Padi Ciherang antara lain:
1. Memiliki produktifitas 6,0-8,5 ton/ha,dengan umur tanaman relatif singkat 116-125 hari,
2. Tahan terhadap hama dan panyakit berbahaya tanaman padi seperti hama wereng coklat dan penyakit hawar daun, bakteri dan lainnya,
3. Tekstur nasi yang dihasilkan lebih pulen serta wangi dan
4. Tidak dikalah pentingnya, selain harga benih padi terjangkau, benih padi ciherang masih bisa digunakan sebagai bahan tanam kembali.

Untuk tumbuh optimal tanaman padi memerlukan kesesuaian tumbuh antara lain dengan iklim Tropis dan Subtropis, Intensitas rata-rata curah hujan 1500 sampai 2000 mm per tahun dengan ketinggian optimal mencapai 0 sapai 1500 meter di atas permukaan laut dan temperatur optimal mencapai 22 sampai 27 °C. Menginginkan tekstur tanah berlempung dengan sinar matahari cukup yang dipergunakan dalam proses penyerbukan dan pembuahan dan dengan tanpa adanya naungan. Memiliki ketebalan tanah 18 sampai 22 cm dengan ketersediaan jumlah air cukup banyak, hindari tanah berbatu dan kesesuaian derajat keasaman tanah mulai 4,0 sampai 7,0.

a) Dalam melakukan persemaian benih padi jenis ini dapat dimulai dengan cara memasukkan benih ke dalam karung goni,dilanjutkan perendaman ± 1 malam dengan tujuan mendapatkan benih tanaman padi tumbuh dengan seragam. lahan persemaian  disiapkan ± 50 hari sebelum benih disemai di luasan 1 atau 20 dari luasan lahan tanam, selanjutnya Lahan persemaian dibuat bedengan sepanjang 500 sampai 600 cm, lebar 120 cm dan tinggi 20 cm. Sebelum persemaian benih terlebih dahulu ditaburi pupuk urea dan SP-36 yang masing-masing 10 gr/m². Benih disemai dengan kerapatan 75 gr/ m² dan lama waktu persemaian benih padi terhenti apabila, benih padi mencapai ketinggian 5 cm dan siap untuk dipindahkan untuk ditanam ketika memasuki umur 21-25.

BACA JUGA 

Mengulik Nilai Marketing Dari Sebuah Kemasan
Ingin Budidaya Kacang Tanah Anda Sukses? Baca Tips Berikut!
Ingin Budidaya Kacang Tanah Anda Sukses? Baca Tips Berikut!
Cara Budidaya Tanaman Padi Beras Hitam

b) Pengolahan Lahan bertujuan menyiapkan lahan bercocok tanam padi yang baik serta sesuai untuk pertumbuhan yang dimulai dengan cara membersihkan saluran air,sisa-sisa jerami dan rumput liar di lokasi.

c) Tahapan penanaman dimulai dengan mempersiapkan bibit padi dari bedengan persemaian yang telah berumur 21 sampai 25 hari dan ditanam dengan jarak tanam 20 x 20 cm, 25 x 25 cm, 22 x 22 cm atau 30 x 20 cm,tergantung dari tingkat kesuburan tanah dan waktu musim penanaman. Penanaman dilakukan dengan cara terlebih dahulu mencabut bibit dan ditanam sebanyak lebih kurang 5 batang bahkan lebih,Padi dengan jumlah anakan yang banyak memerlukan jarak tanam yang lebih lebar untuk lahan padi dengan tanah yang subur jarak tanam dibuat lebih lebar.

d) Penyiangan dilakukan dengan cara mencabut rumput dua kali saat berumur 3 dan 6 minggu atau menggunakan alat cangkul kecil. Kegiatan Penyiangan dilakukan umumnya bersamaan dengan penyiangan pertama dan 1 sampai 2 minggu sebelum muncul malai.

e) Untuk Pengairan ada beberapa hal perlu yang diketahui antara lain; Jumlah Air haruslah dapat menggenangi sawah dengan merata dan setelah dilakukan tanam, sawah harus dikeringkan 2 sampai 3 hari sedikit demi sedikit.

f) Tahapan Pemupukan dengan memberikan pupuk jenis anorganik jenis Urea,SP-36 dan Kcl yang masing-masing berjumlah 300 -175 – 50 kg/hektar, pada saat umur tanaman memasuki 3-4 minggu dan 6-8 minggu setelah tanam dengan cara disebar.

g) Penyemprotan dilakukan jika intensitas serangan hama dan penyakit telah melewati batas ambang ekonomis, apabila tidak kendalikan akan berakibat pada kerugian hasil panen,kegiatan penyemprotan pestisida dilakukan saat tanaman memasuki umur tanam 1-2 minggunya.

h) Panen padi siap dilakukan ketika bulir padi  hampir keseluruhan telah menguning atau 33-36 hari setelah padi berbunga. Cara panen dilakukan secara manual dengan mengunakan sabit dengan memotong pangkal batang atau mengunakan mesin reaper harvester yang hanya dilakukan dalam 6 jam/hektar.

*INFO LENGKAP HARGA KARUNG BERAS TERUPDATE

i) Pasca Panen Adalah tahapan dalam menentukan kualitas padi yang akan dijadikan beras siap konsumsi. Tahapan panen padi dilakukan dimulai dengan kegiatan perontokan bisa dilakukan dengan cara cukup di injak-injak,dihempas atau mengunakan mesin perontok untuk lebih mengefisienkan waktu dan tenaga kerja.Kegiatan berikutnya dengan melakukan kegiatan pembersihan gabah dengan cukup diayak atau dengan mesin blower manual.

j) Kemudian lakukan penjemuran gabah selama 3-4 hari selama 3-4 jam/hari sampai gabah mencapai kadar air 14 %,kegiatan penjemuran dapat dilakukan lantai semen atau terpal atau bisa juga mengunakan mesin pengering.

k) Tahapan akhir adalah penyimpanan sejumlah gabah dan simpan ditempat yang kering dan beralas untuk kemudian dijadikan beras dengan mengunakan mesin huller dan siap untuk dijual.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Budidaya Tanaman Padi Ciherang"

Posting Komentar